Mengolah Wortel dengan Food Processor Philips HR7310

Daftar Isi

Wortel merupakan salah satu sayuran yang sering digunakan dalam kegiatan memasak sehari-hari. Untuk itu, kita mencoba 3 buah fitur yang ada di food processor Philips HR 7310 untuk mengolah wortel sehingga siap dimasak.

Untuk kecepatan yang dipakai bisa disesuaikan dengan warna yang ada di aksesorisnya:

  • Irisan & parutan: menggunakan cakram 2 fungsi –> menggunakan speed no. 1
  • Cacah: menggunakan pisau mencacah –> menggunakan speed no. 2

 

Khusus untuk mencacah atau mencincang, teman-teman dapat juga menggunakan speed no. 1 karena tekstur wortel tidak sekeras daging (sapi atau ayam).

Daftar Isi

Irisan

Fitur pertama yang kita coba adalah fitur irisan. Untuk menggunakan fitur ini, setelah meletakkan poros memutar, Anda perlu menggunakan cakram 2 fungsi dengan pisau pengiris di bagian atas (pisau untuk memarut menghadap ke bawah). 

Untuk gambaran lebih jelas tentang cara memasang cakram 2 fungsi ini, Anda dapat menonton video di atas.

Selanjutnya, masukkan wortel satu demi satu dari bagian atas.

 

Seperti yang tampak pada foto hasil di bawah, irisan wortel yang dihasilkan memiliki ketebalan yang sama (konsisten). Irisan wortel dapat digunakan untuk memasak capcai, tumis sayuran (dengan brokoli, kembang kol, atau jagung muda), dll.

 

Untuk wortel, ketebalan yang dihasilkan sudah baik karena jika terlalu tebal butuh waktu lebih lama pada saat memasak.

 

Untuk percobaan, kita menggunakan wortel Brastagi, yang diamternya cukup besar, sehingga wortel dapat diposisikan tegak dengan baik (seperti di foto).

Namun, jika menggunakan wortel lokal atau wortel baby, sebaiknya langsung masukkan 2-3 wortel hingga corong penuh.

Karena, jika tidak penuh, posisi wortel mudah bergeser, sehingga arah irisan tidak teratur (ada yang melebar). Jika hanya dikonsumsi keluarga, penampilan bukan yang utama. Yang lebih penting yaitu efisiensi waktu saat menyiapkan bahan-bahan makanan. 

Kekurangan lain adalah: fitur irisan di food processor Philips ini tidak bisa diubah ketebalannya (tidak bisa dibuat lebih tipis atau lebih tebal).

Parutan

Selanjutnya kita coba memarut wortel. Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda perlu menggunakan cakram 2 fungsi dengan meletakkan pisau parutan di bagian atas (pisau untuk irisan ditaruh menghadap ke bawah). Lalu, masukkan wortel satu demi satu dari bagian atas.

 

Seperti fitur irisan, untuk memarut juga hanya tersedia dalam 1 ukuran. Parutan yang dihasilkan cenderung halus. Wortel parut halus cocok digunakan membuat tahu isi, orak-arik sayuran, bakwan, fuyunghai. Jika Anda punya anak kecil yang sulit makan sayur, wortel parut dapat dicampur di nugget atau telur dadar.

 

Namun, jika Anda mengharapkan hasil wortel parut yang agak kasar, seperti yang digunakan untuk acar, fitur ini kurang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Supaya lebih jelas, berikut hasilnya:

Cacah

Fitur terakhir yang dapat digunakan untuk mengolah wortel mentah dengan food processor ini adalah cacah atau cincang. Untuk menggunakan fitur ini, setelah menaruh poros pemutar ke bagian dasar, letakkan pisau cincang di atas. Posisi pisau akan terletak di bagian bawah.

Sebelum memasukkan wortel ke dalam wadah, baiknya potong-potong wortel dengan ukuran 2-3 cm.

Ada 2 perbedaan dengan 2 fitur di atas (irisan dan parutan):

  1. Kecepatan yang digunakan sebaiknya nomor 2 (mengikuti warna aksesoris pencacah).
  2. Selain dimasukkan lewat corong di atas, wortel dapat diletakkan di dalam wadah sebelum mesin dinyalakan.

Jika ingin hasil cacah cukup kasar, jangan terlalu lama menyalakan mesin.

Proses mencacah bisa dibilang sangat singkat, sekitar 30-40 detik. Jika ingin hasil cacah halus, Anda dapat menambahkan durasinya sesuai kebutuhan.

Berikut hasilnya:

Wortel cacah/cincang dapat digunakan untuk campuran isian buras, arem-arem, pastel, risoles halus, dll. Tentunya mencincang wortel, apalagi dalam jumlah banyak, lebih cepat dan lebih bagus hasilnya dengan menggunakan food processor.

Berikut hasil mengolah wortel dengan food processor Philips HR 7310. Jika teman-teman penasaran dengan hasil olahan bahan makanan lainnya, silakan tulis di kolom komentar supaya kita bisa coba buat teman-teman.

All rights reserved. AturRumah © 2021