Review Blender Cosmos CB 802 4 in 1

Daftar Isi

Blender Cosmos CB-802 adalah blender 4 in 1 (bisa untuk melumat, menghaluskan, mencincang, dan menyaring makanan) dengan harga terjangkau (sekitar Rp 450.000-an) dan hemat listrik (250 watt). Sayangnya blender ini tidak dilengkapi dengan spatula jadi kita tidak bisa mengaduk pada saat mesin berjalan.

Daftar Isi

Komponen yang Ada

Bisa dibilang, Cosmos CB 802 ini paket lengkap buat yang baru pertama beli blender tapi mau dapat lengkap dan harga terjangkau.

1 paket blender 4 in 1 ini terdiri dari:

  • Motor dengan 3 kecepatan 
  • 4 buah wadah: wadah besar, gelas penggiling bumbu basah (wet mill), gelas penggiling kering (try mill), dan wadah pemotong (chopper)
  • 3 buah mata pisau: wadah besar, bumbu basah & kering, dan pemotong/pencacah. 
  • Penutup untuk wadah utama
  • Gelas ukur kecil: hanya 1 ukuran, yaitu 60 ml. Berfungsi juga sebagai penutup wadah bear.
  • Saringan/filter – ini jarang ditemukan pada paket-paket blender lainnya. Biasanya, saringan merupakan aksesoris yang perlu dibeli terpisah.

Mesin/motor

Berbentuk silinder, mesin blender Cosmos ini dilengkapi dengan 3 kecepatan yang dapat disesuaikan dengan bahan makanan yang diolah:

  • Pulse/clean: untuk membersihkan wadah plastik atau utk melumat dengan cepat.
  • Tinggi (high): cocok untuk membuat susu kedelai, sari wortel, wijen, kedelai, biji kopi, dll
  • Rendah (low): cocok untuk sayur-sayuran dan buah-buahan bertekstur lembut (pisang, kiwi, stroberi)

Di bagian bawah mesin juga dilengkapi dengan karet penahan. Fungsinya supaya mesin atau motor blender tidak bergerak akibat getaran pada saat dinyalakan. Umumnya, karet akan ‘aus’ seiring pemakaian.

Walau tampak ringkas, mesinnya cukup berat, sekitar 1,1 kg, seperti ditunjukkan gambar di bawah.

Wadah besar

Wadah besar dapat melumatkan bahan makanan (buah & sayur) dengan baik hingga kapasitas 1,2 liter. Tidak perlu khawatir memasukkan bahan makanan terlalu banyak karena ada penanda pada wadah.

Kecepatan yang digunakan dapat disesuaikan dengan bahan makanan yang diolah dan tekstur yang diinginkan.

Karena tidak dilengkapi dengan spatula pengaduk, jika ada bahan makanan yang menyangkut, matikan mesin, buka tutup, aduk dan geser bahan makanan yang menempel pada pisau. Setelah itu, tutup wadah dan nyalakan mesin kembali.

Meski terbuat dari plastik, berat wadah dan mata pisau hampir 400 gram. Selain plastiknya cukup tebal, mata pisau di bagian bawah juga tebal.

Wadah bumbu basah & kering

Penggiling bumbu halus dan bumbu basah ini menggunakan mata pisau yang sama. Jadi, jika ingin mengolah bumbu basah dalam jumlah sedikit, Anda dapat menggunakan gelas penggiling kecil.

 

Pada tiap gelas ini ada penanda (MAX) bahan makanan yang dapat dimasukkan. Hal ini sangat berguna karena menghindarkan kita dari keragu-raguan memasukkan bahan makanan terlalu banyak yang dapat menyebabkan mesin cepat panas dan mudah rusak.

 

Jika boleh berpendapat, adanya 2 gelas penggiling dengan ukuran berbeda ini kurang efektif. Apalagi, mata pisau yang digunakan hanya satu.

Untuk berat wadah atau gelas penghalus bumbu ini cukup ringan, hanya 161 dan 186 gram, sudah termasuk mata pisau

Pemotong

Fungsi menarik yang ada di 1 set blender ini adalah chopper atau pemotong, di mana kita dapat mencacah kacang-kacangan, aneka bawang, hingga menggiling daging (ayam, ikan, sapi, dll).

Mata pisaunya tajam dan terbuat dari besi stainless yang cukup kokoh sehingga dapat memotong daging dengan baik.

Pegangan di bagian tengah, terbuat dari plastik yang kokoh sehingga nyaman ketika dipegang, baik untuk diletakkan ke dalam wadah maupun dibersihkan setelah dipakai.

Sayangnya, chopper Cosmos ini tidak memiliki pegangan khusus sehingga sedikit menyulitkan saat kita memasang dan melepas chopper dari mesin (biasa tangan agak berminyak karena sudah pegang daging).

Secara bobot, chopper ini cukup berat, hampir setengah kilo. Bahkan lebih berat dibanding wadah ukuran besarnya.

Saringan

Saringan diletakkan di bagian tengah dan berguna untuk memisahkan ampas dari cairan. Dapat dipakai untuk membuat santan, susu kedelai, susu almond, dll. Sehingga kita cukup menuangkan susu atau sari yang diinginkan tanpa perlu memeras Kembali dengan saringan.

 

Bahan makanan yang dapat diletakkan hingga batas maksimal yang ada pada saringan. Bila memasukkan terlalu banyak, bahan makanan yang ada di atas tidak dapat tercampur dengan baik.

Mata Pisau

Mata pisau pada blender utama ini cukup unik, jika dibandingkan dengan blender merk lain, seperti Miyako atau Philips.

Meski sama-sama memiliki 4 mata pisau, salah satu mata pisau pada blender Cosmos merupakan pisau bergerigi (merk lain hanya pisau biasa)

Untuk mata pisau penggiling bumbu juga cukup khas karena ada 4 mata pisau, lagi-lagi salah satunya bergerigi. Sementara pada blender merk lain biasanya hanya ada 2 mata pisau yang lurus.

Review Testing Fitur

Membuat smoothies

Percobaan pertama adalah membuat jus dengan menggunakan jug atau wadah besar.

Dengan 4 mata pisau – di mana salah satunya bergerigi, jus smoothies yang dihasilkan sangat halus:

Menghaluskan bumbu basah

Untuk fitur ini,kita menggunakan wadah khusus bumbu basah. Untuk membuat bumbu kuning, menggunakan: bawang merah, bawang putih, kunyit, dan sedikit air.

Sebelum ditutup dan dibalik ke atas blender, pastikan semua bahan makanan (termasuk air) tidak melebihi batas maksimal yang ada pada wajah:

Menghaluskan merica

Beberapa bahan kering yang bisa dihaluskan menggunakan mesin ini: merica, kacang kedelai, wijen, biji kopi, gandum.

Untuk menghaluskan merica jumlah sedikit, bisa menggunakan gelas penggiling bumbu kecil. Bila ingin sekaligus banyak, tidak ada salahnya untuk menggunakan gelas penggiling bumbu besar (dengan kapasitas lebih banyak).

Kita bisa menggunakan gelas penggiling sesuai kebutuhan karena pada dasarnya pisau yang digunakan sama.

Mencincang daging

Supaya tidak merusak pisau, pisahkan tulang yang masih menempel pada daging. Selain itu, potong daging kecil-kecil supaya kerja mesin tidak terlalu berat. Jika potongan daging terlalu besar, biasanya goncangan mesin akan cukup besar.

Membuat susu kedelai

Saringan yang ada membantu kita dalam membuat susu kedelai, santan, jus tomat, dll, di mana ampas dan biji tidak tercampur ke dalam cairan yang ingin kita pakai.

Pasang saringan dengan sempurna sehingga ampas tidak akan keluar saat proses menghaluskan. Lalu, masukkan kedelai yang sudah dicuci dan direndam. 

Kita hanya dapat memasukkan blender setinggi batas MAX yang ada pada saringan (tidak bisa terlalu banyak).

 

Terakhir, tambahkan air, lalu nyalakan mesin dengan kecepatan tinggi.

Spesifikasi

  • Kapasitas: 1,2 liter
  • Mata pisau: stainless steel
  • Daya listrik: 250 watt
  • Kabel: 1 meter

Garansi

Garansi berlaku selama 1 tahun setelah pembelian, khusus untuk kesalahan produksi. Garansi tidak berlaku jika ada kerusakan yang diakibatkan penggunaan yang salah.

Kesimpulan

Kelebihan:

  • Daya listrik yang dibutuhkan relatif rendah jika dibandingkan dengan merk lain, hanya 250 watt. Daya ini sudah dicoba.
  • Harga terjangkau (hanya sekitar Rp 450 ribuan) sudah memperoleh blender dengan fungsi lengkap.
  • Kemampuan pintar mesin untuk berhenti sendiri. Ketika sudah terlalu panas, mesin akan berhenti sendiri. Indikator ini jarang ditemui di blender merk lain.
  • Mata pisau cukup tebal yang bervariasi, ada mata pisau bergerigi – baik untuk fungsi pelumat maupun penghalus.
  • Mata pisau penghalus ada 4 di mana merk-merk lain hanya ada 2. Hasilnya, proses jadi lebih cepat dan bahan makanan juga lebih halus .
 

Kekurangan

  • Hanya ada 3 pilihan kecepatan: low, high, dan pulse 
  • Tidak ada spatula, baik untuk wadah besar dan wadah-wadah kecil. Sehingga kita tidak bisa mengaduk pada saat mesin berjalan.
  • Untuk saringan, karena posisi saringan yang relatif rendah, bahan makanan yang dimasukkan relatif sedikit.
  • Tidak dapat digunakan untuk menghancurkan es batu.

All rights reserved. AturRumah © 2021