Blender Philips vs Cosmos

Daftar Isi

Meskipun sama-sama blender 4 in 1, ada beberapa perbedaan antara blender Cosmos & Philips, mulai dari: pilihan kecepatan pada motor, ukuran wadah blender, jenis mata pisau yang digunakan, jumlah wadah/gelas yang diterima, hasil olahan, dan tentunya harga!

Perbedaan blender Philips dan Cosmos ini termasuk yang paling sering ditanyakan oleh pembaca dan juga penonton video di kanal YouTube kita.

Di artikel ini, kita akan bandingkan semua komponen supaya bisa membantu teman-teman yang masih bingung mesti beli merk yang mana dengan menggunakan 2 seri berikut:

  • Blender Philips HR2223, dan
  • Blender Cosmos CB802
Daftar Isi

Motor/mesin

Blender Philips dilengkapi dengan 5 kecepatan + 1 pulse yang dapat dipilih sesuai dengan jenis makanan yang diolah. Semakin besar angkanya, semakin cepat putaran motornya. Selain itu, motor blender Philips juga dapat digunakan untuk menghancurkan es batu (tanpa campuran apa pun).

Blender Cosmos hanya memiliki 2 kecepatan (high dan low) + 1 pulse yang dapat dipilih. Kita juga tidak dapat menghancurkan es batu (tanpa tambahan air atau buah), karena motor dan mata pisaunya tidak dirancang untuk fungsi tersebut. Jika dipaksakan, bisa-bisa mesin terlalu panas dan jadi kurang awet.

Berbicara soal kabel yang ada pada motor, kita lebih menyukai kabel dari Cosmos karena sedikit lebih panjang (1 meter vs 80 cm), seperti tampak pada gambar di atas. Ini memberikan keleluasaan pada kita untuk menempatkan blender di atas meja dapur.

Kita yakin, sebagian besar ibu-ibu terbiasa menyimpan blender di lemari dapur. Ketika ingin menggunakan blender, kita perlu mencari tempat untuk meletakkan mesin yang aman (tidak di pinggir meja) dan kabel tidak menggatung atau ‘ngatung’.

Masih soal kabel, karena dipakainya hanya sesekali tentunya kita berharap dapat disimpan dengan seringkas mungkin. Di bagian bawah motor blender Philips terdapat tempat untuk memutar kabel supaya tidak berantakan saat disimpan. Sayangnya, desain ini jarang ditemui di merk lain, termasuk blender Cosmos.

Berikutnya, motor blender Philips berbobot hampir 1,5 kg, lebih berat dibandingkan motor Cosmos yang hanya 1,1 kg. Salah satunya mungkin disebabkan jumlah kecepatan standar yang ada pada Philips lebih banyak.

Terakhir, yang tak kalah penting adalah daya listrik yang digunakan. Untuk daya listrik motor Philips keluaran terbaru Series 5000, khususnya HR2223, hanya membutuhkan 350 watt (seri sebelumnya ada yang 600 watt). Namun, daya listrik untuk menyalakan blender Cosmos CB 802 lebih rendah lagi, hanya 250 watt.

Rangkuman:


Philips HR2223 Cosmos CB802
Kecepatan Ada 5 kecepatan Ada 2 kecepatan
Pulse Ada Ada
Es batu Bisa Tidak bisa
Kabel 80 cm
100 cm
Penyimpanan kabel Dililitkan di bawah mesin Tidak ada tempat khusus
Berat 1,5 kg 1,1 kg
Daya listrik 350 watt 250 watt

Wadah Blender

Untuk kedua seri blender yang dibandingkan, keduanya merupakan blender plastik yang merupakan favorit banyak orang karena ringan dan tidak mudah pecah. 

Wadah utama blender Philips mampu melumatkan dan mencampur bahan makanan dengan baik hingga kapasitas 1,5 liter. Sementara untuk blender Cosmos, maksimal 1,2 liter.

Karena kapasitas blender Philips lebih banyak, sudah pasti secara tampilan lebih tinggi. Begitu juga beratnya, yaitu 500 gram – sementara wadah utama blender Cosmos hanya 400 gram.

Pada wadah terdapat penunjuk ukur cairan dan juga penunjuk batas maksimal isi wadah. Jangan mengisi wadah melebihi batas maksimal karena saat blender dinyalakan, bahan makanan akan diputar. Jika isi wadah terlalu tinggi, ada kemungkinan tumpah keluar dari wadah.

Dua gambar di atas menunjukkan mata pisau yang digunakan. Sama-sama terdiri dari 4 mata pisau, blender Philips HR2223 hanya menggunakan pisau lurus. Sementara Cosmos CB802 terdiri dari 2 mata pisau lurus & 2 mata pisau gerigi.

Berikutnya, penutup wadah. Untuk Philips HR 2223, sesuai dengan bentuk wadahnya, bentuk penutupnya juga agak kekotakkan. Sayang sekali pada Series 5000 ini semua sisi pada penutup rapat sehingga kita perlu melepas penutup sebelum menuang hasil blender.

Untuk Cosmos CB802, pada salah satu sisi penutup berwarna putih berbentuk lingkaran ini tersedia rongga-rongga kecil sehingga kita tidak perlu membuka tutup sebelum menuang hasil blender ke wadah lainnya.

Pada bagian penutup wadah kedua merk ini dilengkapi dengan gelas ukur kecil yang terbuat dari plastik transparan. Gelas ukur pada blender Philips dilengkapi penunjuk dengan kelipatan 10 ml hingga 50 ml. Sementara pada blender Cosmos, hanya ada 1 penunjuk di 60 ml.

Gelas ukur kecil ini dapat dibuka-tutup saat mesin berjalan, khususnya ketika teman-teman ingin menambahkan bahan makanan berukuran kecil.

Rangkuman:
Philips HR2223 Cosmos CB802
Material Plastik Plastik
Kapasitas 1,5 liter (maksimal) 1,2 liter (maksimal)
Mata pisau 4 mata pisau lurus 4 mata pisau (2 lurus & 2 gerigi)
Saringan Ada Ada
Penutup Plastik tanpa rongga, sehingga perlu dibuka saat menuangkan hasil Plastik dengan rongga, sehingga tidak perlu dibuka saat menuangkan hasil
Gelas ukur kecil Ada, hingga 50 ml, dengan penunjuk kelipatan 10 ml Ada, hingga 60 ml, hanya ada 1 penunjuk kapasitas
Spatula Ada Ada
Berat 500 gram 400 gram

Mill

Sesuai dengan namanya, mill digunakan untuk menghaluskan atau menggiling bumbu kering dan bumbu basah. Ada beberapa merk yang membedakan wadah/gelas untuk bumbu kering dan bumbu basah. Untuk bumbu kering, biasanya gelasnya lebih kecil. Walaupun gelasnya berbeda, biasanya mata pisau yang digunakan sama. 

Pada Philips, kita mendapat 1 buah wadah berukuran sedang. Sementara pada Cosmos, kita mendapatkan 2 buah wadah, 1 berukuran kecil (tidak tampak pada gambar) dan 1 lagi berukuran sedang.

Mill Cosmos yang dibandingkan pada foto di atas adalah mill yang berukuran sedang. Secara sekilas, bentuk wadah dan kapasitasnya juga mirip – tidak ada perbedaan yang mencolok.

Pada kedua wadah atau gelas, ada penunjuk batas maksimal. Ini memudahkan kita saat mengisi bahan yang ingin dihaluskan atau digiling. Kita dapat memakai mill tanpa takut merusak mesin dengan mudah, nggak perlu repot-repot timbang bahan yang mau diolah.

Batas MAX pada mill Philips cenderung lebih rendah (hanya 1/2 wadah) dibandingkan pada mill Cosmos (sekitar 2/3 wadah).

Selain jumlah gelas mill, yang diperoleh, perbedaan berikutnya adalah pada mata pisau yang digunakan. Mill blender Philips hanya menggunakan sepasang mata pisau lurus. Mill blender Cosmos memiliki 4 mata pisau di mana salah satunya berupa mata pisau gerigi. 

Jumlah mata pisau yang lebih banyak tentunya dapat mempercepat proses menghaluskan bumbu. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor kecepatan yang tersedia juga – semakin tinggi semakin cepat prosesnya.

Rangkuman:
Philips HR2223 Cosmos CB802
Bumbu kering Gabung dengan bumbu basah. Ada, wadah lebih kecil
Bumbu basah Ada, kapasitas mirip. Ada, kapasitas mirip.
Mata pisau 2 buah mata pisau 4 buah mata pisau, salah satunya pisau gerigi
Handler Tidak ada Tidak ada
Berat 226 gram (lebih berat) 186 gram

Chopper

Ketika melihat 2 buah chopper dalam keadaan tertutup, pasti hampir semua orang berpendapat chopper di sebelah kanan (Cosmos) memiliki kapasitas lebih besar.

Tapi… lihat dulu foto berikutnya:

Sayangnya itu semua hanya ilusi yang diberikan dari bentuk tutup yang tinggi. Ketik tutup atas dibuka, tampak jelas kalau tinggi chopper kedua merk ini hampir sama.

Persamaan lain tampak terletak pada bentuk pisau pencacah, keduanya sama-sama terdiri dari sepasang pisau yang membentuk huruf S dengan sedikit perbedaan tinggi di antara kedua pisau.

Perbedaannya bisa dibilang hanya 1: merk Philips ada gagang (handler) yang memudahkan kita saat memasang & melepas chopper dari dan ke motor. Begitu juga saat mengeluarkan hasil potongan/cacahan/cincangan ke wadah lain.

Chopper Cosmos tidak dilengkapi handler sehingga kita perlu lebih berhati-hati saat melakukan kegiatan-kegiatan di atas supaya chopper tidak terlepas dari tangan lalu jatuh.

Rangkuman:
Philips HR2223 Cosmos CB802
Kapasitas Hampir sama Hampir sama
Bentuk Diameter mirip, tinggi sedikit lebih rendah Diameter mirip, lebih tinggi sedikit karena desain tutup
Mata pisau Sepasang mata pisau berbentuk S-blade Sepasang mata pisau berbentuk S-blade
Handler Ada, dari plastik Tidak ada
Berat 410 gram 446 gram (lebih berat)

Mata Pisau

Kedua paket blender 4 in 1 ini menyediakan 3 buah mata pisau:

  • Mata pisau utama
  • Mata pisau mill
  • Mata pisau chopper

 

Mata pisau terbuat dari stainless steel berkualitas baik yang tahan karat. Silakan simak tabel di bawah berikut untuk mengetahui perbedaan yang ada:

 

 

Philips HR2223

Cosmos CB802

Mata pisau utama

4 mata pisau lurus

4 mata pisau: 3 lurus & 1 gerigi

Mata pisau mill

2 mata pisau lurus

4 mata pisau: 3 lurus & gerigi

Mata pisau chopper

Sepasang mata pisau berbentuk S-blade

Sepasang mata pisau berbentuk S-blade

Lain-lain

Setelah membahas motor, wadah, mill, chopper, dan mata pisau, kini tiba saatnya kita membandingkan harga! Sama-sama merupakan blender 4 in 1 dengan segala perbedaannya di atas, saat ini (November 2021) harga blender Philips HR 2223 (Rp 810.000) hampir 2x dari blender Cosmos CB802 (Rp 425.000).

Garansi blender Philips adalah 2 tahun, sementara blender Cosmos 1 tahun.

Satu perbedaan lagi yang sifatnya tidak fungsional tapi mungkin krusial bagi teman-teman yang rumah atau dapurnya memiliki ‘tema’ tertentu, yaitu warna motor dan wadah.

  • Philips Series 5000 tersedia dalam 2 warna: lavender dan hijau
  • Cosmos CB 802: hanya tersedia dalam warna putih

Rangkuman:
 

Philips HR2223

Cosmos CB802

Harga

Rp 810.000

Rp 425.000

Garansi

2 tahun

1 tahun

Pilihan warna

Lavender

Hijau

Putih

Note: harga jual dapat berbeda antar toko.

Kesimpulan

Bila disimpulkan, blender Cosmos CB 802 ini cocok buat teman-teman yang punya budget terbatas tapi mau dapat paket ‘lengkap’. Atau juga buat yang intensitas pemakaian alat dapurnya agak jarang.

Blender Philips HR2223 cocok untuk pengguna setiap blender Philips (biasanya jarang mau beralih), teman-teman yang memang punya dana cukup, dan juga yang sering banget paket blender – karena motornya sudah terbukti awet.

Buat yang masih penasaran, bisa klik link review tiap seri blender: review Philips HR2223 dan review Cosmos CB802. Di dalam setiap review ada hasil-hasil percobaan dari hampir semua fitur yang tersedia.

Semoga membantu 🙂

All rights reserved. AturRumah © 2021