Review Blender Philips HR2223

Daftar Isi

Philips HR2223 merupakan salah satu blender plastik di Series 5000 yang memiliki fungsi 4 in 1, mulai dari melumatkan, menghaluskan, memotong, hingga menyaring. Blender yang dibandrol di kisaran Rp 800.000 ini memiliki kualitas baik – seperti merk Philips pada umumnya. 

Kapasitas wadah utama tetap seperti seri-seri sebelumnya, yaitu 2 liter dengan maksimal kapasitas 1,5 liter untuk hasil blender yang halus.

Pada Series 5000, berikut seri yang dapat dipilih:

  • HR2221: blender plastik, hanya terdiri dari wadah utama & mill.
  • HR2222: blender kaca, hanya terdiri dari wadah utama & mill (bahan plastik).
  • HR2223: blender plastik, terdiri dari wadah utama, mill, chopper, dan saringan.

Di antara ketiga seri tersebut, kita akan mengulas seri yang paling lengkap, yaitu HR2223.

Daftar Isi

Komponen yang Ada

Langsung kita bahas satu-satu komponen yang ada di bawah ini:

Motor/mesin

Motor blender Philips Series 2000 ini terdiri dari 2 warna pastel yang indah dipandang, hijau dan lavender. Desainnya bisa dibilang agak mirip dengan seri pendahulunya, yaitu HR2115 dan HR2116, hanya saja bentuk motor agak kekotakan. 

Ada 5 kecepatan yang bisa dipilih dengan cara menekan, tahan sebentar, lalu lepaskan. Dan 1 tombol tambahan untuk PULSE.

Seperti biasa, motor blender Philips ini tetap dapat digunakan untuk menghancurkan es batu. Jika di seri sebelumnya, hanya bisa 5 kotak es batu, sekarang udah bisa menghancurkan sampai 10 es batu. Proses bikin es campur di rumah jadi lebih cepat.

Untuk berat motor atau mesinnya bisa dibilang paling berat dibandingkan motor merk-merk lain, hampir 1,5 kg! Merk lain biasanya sekitar 1 kg-an aja. Keliatannya jumlah komponen yang ada di dalam motor lebih banyak – sesuai dengan fungsinya yang lebih ‘berat’.

Wadah utama

Kapasitas wadah plastik seberat setengah kilogram ini adalah 2 liter, tapi sebaiknya hanya diisi hingga batas maksimal, yaitu 1,5 liter. 

Sejujurnya, kadang kita pakai lebih dari batas maksimal. Biasanya karena nambahin air atau susu biar jus nggak terlalu kental. Jangan ditiru ya, hehe.

Ketika ingin menggunakan spatula, buka dulu tutup (yang merangkap gelas ukur kecil dengan kapasitas 50 ml), baru aduk menggunakan tutup.

Langkahnya sedikit berbeda dengan seri-seri blender Philips yang lama di mana kita cukup memasukkan spatula ke lubang yang ada pada tutup transparan.

Mill

Mill, miller, atau penghalus bumbu pada brand Philips selalu dapat digunakan untuk menghaluskan bumbu kering dan basah menggunakan 1 set (mata pisau + wadah) yang sama. Ini penting banget buat kita-kita yang ruang dapurnya terbatas, jadi nggak boros tempat penyimpanan, hehe.

Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, wadah mill pada seri ini sudah ada petunjuk batas maksimal untuk meletakkan bahan. Asik banget karena sekarang kita udah nggak perlu pakai ilmu kira-kira lagi.

Selama mengikuti petunjuk yang ada, bahan-bahan makanan bakal halus dan tercampur dengan baik. Nggak perlu takut kepenuhan, bahan nggak hancur, pisau cepat rusak, dan mesin cepat panas lagi deh 🙂

Chopper

Chopper berkapasitas kecil ini, merupakan salah satu aksesoris andalan ibu-ibu ketika menggunakan blender Philips. Beberapa keunggulan:

  • Mata pisau tajam
  • Mata pisau tahan karat
  • Kapasitas wadah/mangkok kecil sehingga cocok untuk mencacah daging untuk 1x masak
  • Ada gagang/pegangan di bagian samping – kalau udah sibuk di dapur, biasa tangan suka licin karena pegang macam-macam sayur & daging. Kalau ada pegangan, nggak perlu was-was tiba-tiba meleset saat melepas dari motor, mindah-mindahin chopper, atau menuang daging cacah ke wajan. Aman deh! 

Saringan

Aksesoris terakhir yaitu saringan – di mana kita dapat meletakkan bahan makanan yang akan diblender di dalam saringan (hingga batas maksimal). Sehingga, kita tidak perlu menyaring lagi dengan kain untuk memisahkan ampas dengan susu, santan, atau sari buah yang dibuat.

Batas maksimal bahan makanan yang dapat dimasukkan sedikit di atas penyaring – ditandai dengan tulisan MAX pada aksesoris.

Berhubung pas lagi blender pasti nggak keliatan karena kita masukkin bahan makanan ke dalam saringan, sementara tulisannya ada di luar, teman-teman bisa pakai feeling, hehe.

Mata pisau

Seri ini merupakan blender 4 in 1, maka ada 3 mata pisau yang diperoleh:

  • Mata pisau utama, terdiri dari dari 4 mata pisau lurus, berfungsi untuk melumatkan bahan makanan dengan menggunakan bahan utama. Untuk hasil terbaik, mesin tetap awet, dan pelumatan sempurna, kita perlu menambahkan cairan saat proses memblender (melumatkan).
  • Mata pisau bumbu halus, terdiri dari 2 mata pisau, berfungsi untuk menghaluskan aneka bumbu, baik bumbu basah maupun kering (tanpa tambahan cairan). Untuk penghalusan sempurna dan mesin tidak cepat rusak, jangan masukkan bahan makanan melebihi batas maksimal yang ada pada wadah mill.
  • Mata pisau pemotong, terdiri dari 2 mata pisau yang lebih tajam, berfungsi untuk memotong, mencacah, dan menggiling daging-dagingan, seperti: unggas, sapi, ikan, dll. Supaya hasil bagus, pisau dan mesin awet, pisahkan tulang dari daging sebelum dimasukkan ke dalam chopper

Review Testing Fitur

Ada 6 percobaan yang kita lakukan untuk mengetahui hasil kerja dari blender HR2223 ini.

Menghancurkan es batu

Batas maksimal adalah 10 potong es batu untuk menghancurkan atau menghaluskan es.

Gunakan kecepatan nomor 5 untuk menghancurkan es batu. Jika nyangkut, tekan tombol Pulse beberapa kali untuk memecahkan es batu secara kasar.

Membuat smoothies stroberi

Rasa asem dari buah stroberi ini memang menyegarkan. Nggak heran, stroberi jadi salah satu buat favorit buat bikin smoothies. Kalau di rumah, biasanya kita campur sama pisang buat dapatin rasa manis – jadi nggak perlu kasih gula tambahan.

Ini dia hasil olahan smoothies menggunakan blender Philips HR2223:

Menghaluskan merica

Mill pada blender Philips dapat digunakan untuk menghaluskan bumbu kering dan bumbu basah. Membuat bumbu basah ini biasanya lebih mudah karena ada ‘bantuan’ dari air.

Berbeda dengan bahan kering, seperti wijen, kacang kedelai, dan juga merica. Kalau pisaunya kurang tajam, bisa-bisa bumbunya masih kasar. Jadinya bahan makanan tidak bisa dipakai atau diolah sesuai rencana kita.

Ini dia merica yang sudah dihaluskan dengan mill Philips:

Mencacah daging

Selanjutnya, kita juga cobain chopper yang ada. Dilengkapi dengan 2 mata pisau, chopper ini bisa mencacah sekitar 150-200 gram daging yang sudah dipisahkan dari tulang dan otot. 

Buat yang nggak mau repot nimbang-nimbang, tinggal ikuti petunjuk maksimal bahan makanan yang ada pada wadah.

Selain untuk mencacah daging, chopper dapat juga digunakan untuk mencacah kacang tanah. Langsung lihat reviewnya di bawah ya!

Menghaluskan kacang tanah

Jangan bosan sama review mencacah kacang tanah yang hampir selalu ada di setiap review. Maklum, kacang tanah ini favorit orang-orang di rumah, dari bontot umur 2 tahun sampai papa-mamanya. 

Kita memang biasa beli kacang tanah mentah terus dipanggang sendiri pakai airfryer, biar (1) bisa buang-buangin kacang yang jelek, dan (2) nggak perlu pakai minyak tambahan. 

Ini hasil kacang tanah yang sudah dicacah:

Kalau teman-teman mau buat selai kacang juga bisa, tinggal nyalakan kembali mesin blender hingga mendapat tekstur selai yang diinginkan.

Membuat susu kedelai

Biar nggak perlu repot-repot meras pakai tangan (kebetulan nggak punya saringan kain juga), kalau lagi pengen susu kedelai, kita biasanya bikin pakai blender.

Tinggal taruh saringan di bagian tengah blender, terus masukkan kacang kedelai yang sudah dicuci dan direndam ke dalam saringan, blender sampai kental. Setelah itu, tuang air susu ke dalam panci.

Jangan langsung buang ampas yang tertinggal di dalam saringan karena bisa kita blender ulang. Cukup tambahkan air & nyalakan mesin hingga tekstur susu lumayan kental – tentunya tidak sekental atau sepekat hasil blender pertama.

Abis itu, tinggal rebus dengan api kecil hingga mendidih dengan daun pandan atau jahe geprek. Cocok banget diminum hangat-hangat pas musim hujan kayak gini.

Spesifikasi

  • Kapasitas: 1,5 liter di wadah berukuran 2 liter
  • Mata pisau: stainless steel – anti karat
  • Daya listrik: 350 watt
  • Kabel: 80 cm

Garansi

Blender Philips HR2223 ini dilengkapi dengan garansi resmi selama 2 tahun – standar untuk alat-alat dapur keluaran Philips. Tapi, 2x lebih lama dibanding merk-merk lain yang umumnya hanya memberikan 1 tahun garansi.

Kesimpulan

Jika diperhatikan secara teliti, mata pisau pada blender utama Philips ini kembali berbentuk lurus, mirip dengan seri-seri lawas.

Entah apa pertimbangan dari pihak Philips tidak menggunakan pisau gerigi yang ada pada blender seri HR2116 dan HR2115 sebelum ini. Bahkan, tidak juga mengkombinasikan antara pisau lurus dan gerigi seperti blender Cosmos.

Keunggulan:

  • Daya listrik yang rendah, hanya 350 watt
  • Dapat menghancurkan es batu 2x lebih banyak dibandingkan seri sebelumnya. HR2223 dapat menghancurkan hingga 10 buah es batu.
  • Motor terdiri dari 5 kecepatan yang dapat disesuaikan sesuai bahan makanan yang dimasukkan, atau tingkat kehalusan yang diinginkan.
  • 1 paket sudah memiliki fungsi lengkap 4 in 1, jadi tidak perlu repot beli aksesoris tambahan.
 

Kekurangan:

  • Jika dibandingkan dengan kapasitas wadah sebesar 2 liter, sebenarnya menghancurkan 10 es batu ini sedikit sekali. Apalagi kalau mau buat es campur beberapa porsi, keburu es yang dihancurkan di awal sudah cair duluan.
  • Harga yang relatif mahal bagi banyak orang, yaitu sekitar Rp 800 ribuan. Namun, dari pengalaman pribadi rata-rata blender Philips ini awet, bisa dipakai lebih dari 10 tahun. Nggak ada salahnya untuk mengeluarkan dana sedikit lebih banyak di awal untuk pemakaian jangka panjang 😀
  • Untuk harga yang cukup tinggi, jenis mata pisau kurang bervariasi – hanya ada 1 – berbentuk lurus. Tidak ada mata pisau gerigi, baik untuk blender utama, mill, maupun pada chopper.
  • Kabelnya cuma 80 cm, makin pendek aja! HR2116 ini udah tinggal 1 meter, padahal Philips HR2061 itu kabelnya mantap banget (1,5 meter).
  • Tempat kabel di bagian bawah tidak ada kait penahan. Padahal di seri HR2115 apa HR2116 ini udah bagus banget, kabel nggak gampang geser pas disimpan karena ada penahannya.

All rights reserved. AturRumah © 2021