Review Rice Cooker Philips HD4515

Daftar Isi

Rice cooker Philips HD4515 adalah rice cooker digital merk Philips keluaran 2021 yang menawarkan fitur 8 menu + 2 pilihan memasak nasi dengan harga terjangkau – sekitar Rp 600.000-an, dan hemat listrik – hanya 400 watt. Rice cooker ini tersedia dalam 4 warna: putih, merah muda, hijau muda, dan abu-abu.

Khusus untuk rice cooker HD4515, hanya memiliki 10 menu. Dan, untuk rice cooker warna abu-abu ini merupakan pilihan terbaru di seri ini (sebelumnya hanya ada 3 pilihan warna).

Teknologi pada mesin penanak nasi ini mampu menjaga nasi tetap hangat hingga 12 jam.

Daftar Isi

Komponen yang Ada

Berikut komponen yang ada pada tipe ini:

  • Mesin: ada 3 pilihan warna soft yang bisa dipilih: putih, pink (merah muda) dan hijau muda. 
  • Inner pot: dilapisi dengan Bakuhanseki yang terbuat dari batu alam dengan kandungan mineral & unsur-unsur mikronutrien. Selain anti-lengket, potnya juga 6x lebih awet dibandingkan pot konvensional.
  • Cup nasi: standar
  • Spatula: standar
  • Wadah pengukus: wadah pengukusnya ini agak berbeda jika dibandingkan dengan pada tipe-tipe rice cooker lainnya. Pada bagian pinggir, tidak ada pembatas pada wadah pengukusnya.

Inner Pot - Bakuhanseki

Pada mesin-mesin penanak nasi Philips keluaran baru, hampir seluruhnya menggunakan inner pot dengan lapisan Bakuhanseki yang terbuat dari batu alam dengan kandungan mineral & unsur-unsur mikronutrien. 

Selain anti-lengket, potnya juga 6x lebih awet dibandingkan pot konvensional. 

Jika perlu mengganti baru, inner pot Bakuhanseki dapat dibeli di harga Rp 220.000,- an. Sebelum membeli, pastikan inner potnya sesuai atau compatible dengan tipe rice cooker yang teman-teman miliki.

Review Testing Fitur

Langsung kita cek hasil testing menu-menu yang ada:

Nasi Merah

Mengganti nasi putih dengan nasi merah telah menjadi gaya hidup banyak orang, khususnya yang ingin hidup lebih sehat. Sayangnya, memasak nasi merah dengan pulen itu tidak mudah, khususnya ketika menggunakan rice cooker.

Ketika menggunakan rice cooker konvensional, biasanya nasi yang dihasilkan terasa kurang matang. Masih ada sebagian kecil beras yang belum berubah menjadi nasi. Namun, kita tidak punya pilihan karena pilihan masaknya hanya ada 2: cook dan warm (memasak dan memanaskan). 

Solusinya, kita dapat mengukus nasi merah di dandang selama beberapa saat supaya nasi matang sempurna. 

Di rice cooker HD4515 ini, memasak nasi merah menjadi lebih mudah karena kita tidak perlu repot karena kita cukup menekan tombol NASI MERAH. 😀

Bubur

Masak bubur ini gampang-gampang susah. Kalau pakai api kompor, kalau api terlalu besar sedikit, bisa-bisa ada kerak. Kalau pakai rice cooker biasa tapi perbandingan airnya dibanyakin, alih-alih jadi bubur, kita dapatnya nasi benyek, hehe.

Untungnya di mesin penanak nasi digital, rata-rata menyediakan menu untuk membuat bubur dengan mudah. Bahkan, di dalam potnya juga sudah ada batas penunjuk air – jadi kita nggak perlu repot menebak-nebak.

Kita dapat memasak bubur hingga 1,5 cup beras.

Sup

Memasak sup menggunakan kompor membutuhkan ketelatenan karena jika api yang digunakan terlalu besar, air cepat habis dan kaldunya kurang pekat. 

Keunggulan memasak sup menggunakan rice cooker pintar adalah suhunya yang terjaga dan dapat ditinggal hingga matang. Pada layar, ada penunjuk sisa waktu memasak. 

Cocok banget dipakai untuk masak yang sehat tapi praktis pas kita lagi sibuk.

Kue

Seperti smart rice cooker lainnya, kita juga dapat memanggang kue. Menu ini berguna bagi yang tidak punya oven. 🙂

Adonan yang sudah dikocok dapat dituang ke dalam inner pot rice cooker HD4515 ini.

Lalu, ubah durasi memanggang kue – sesuaikan dengan banyaknya adonan. Untuk ini, kita membutuhkan beberapa percobaan, mirip dengan menggunakan oven. Selain itu, setiap jenis kue juga membutuhkan waktu ‘memanggang’ yang berbeda. 

Hasilnya sendiri sangat bagus karena pot yang dilapisi Bakuhanseki ini juga anti-lengket. 

Kukus

Untuk menu kukus ini sebenarnya kita juga bisa pakai di rice cooker analog biasa, hanya saja belum ada menu khusus. Biasanya ‘diakali’ dengan menekan tombol COOK.

Berikut hasil percobaan mengukus dengan smart rice cooker Philips ini:

Spesifikasi

  • Fungsi: nasi putih atau nasi merah dengan 8 pilihan menu: nasi cepat, nasi lambat, nasi sushi, bubur, sup, kue, rebus kukus
  • Warna: putih, hijau muda, dan merah muda
  • Kapasitas: 1,8 liter 
  • Inner pot: dilapisi Bakuhanseki
  • Daya listrik: 400 watt
  • Kabel: 1 meter       

Garansi

Rice cooker pintar HD4515 ini dilengkapi dengan garansi Philips selama 2 tahun.

Kesimpulan

Penutup di bagian atas rice cooker juga mudah dilepas-pasang untuk dicuci dan dibersihkan. Jika sering memasak nasi merah, umumnya penutup cepat terlihat kotor karena uap air saat memasak nasi berwarna merah. 

Per Desember 2021, rice cooker Philips HD4515 ini dapat diperoleh hanya dengan Rp 600.000-an saja, sangat-sangat terjangkau untuk rice cooker digital dengan 10 cara memasak. Daya listriknya pun sama dengan rice cooker analog keluaran Philips – hanya 400 watt. 

Flashback ke beberapa tahun yang lalu saat rice cooker digital baru muncul. Harganya dibandrol setidaknya Rp 1 juta. Tidak hanya itu, daya listrik yang dipakai juga cukup besar (700-800 watt) – cukup bikin pusing saat lihat tagihan listrik bulanan.

Kelebihan:

  • Harga terjangkau, hanya sekitar Rp 600.000-an
  • Daya listrik rendah, yaitu 400 watt
  • Ada 10 pilihan menu atau cara memasak yang dapat dipilih (khusus warna pink, hijau muda, dan abu-abu).
  • Lokasi tombol untuk membuka dan menutup rice cooker ada di atas sehingga tidak gampang dijangkau anak kecil. Pada beberapa rice cooker digital, tombolnya ada di bagian depan sehingga sering dijadikan mainan oleh anak 🙂

Kekurangan:

  • Bentuknya yang lebih ‘makan tempat’ karena sedikit lebih panjang dibandingkan rice cooker analog.
  • Apabila hanya menggunakan rice cooker untuk memasak nasi putih, menu-menu yang ada jadi terasa terlalu banyak. 

All rights reserved. AturRumah © 2021