Blender Philips vs Chopper Mitochiba

Daftar Isi

Membandingkan blender Philips dengan Mitochiba tentunya tidak mudah karena Mitochiba merupakan chopper yang dilengkapi dengan beberapa fungsi blender.

Kedua merk ini mampu melumatkan, menghaluskan, menggiling, mencacah, dan mencincang berbagai bahan makanan. Bisa dibilang, serupa tapi tak sama.

Di artikel ini, kita akan bandingkan secara lengkap: apa saja persamaan dan perbedaannya. Tujuannya: memudahkan teman-teman mengambil keputusan, mana yang lebih cocok untuk dibeli, apakah blender Philips atau food chopper Mitochiba.

Berikut alat dapur yang kita gunakan:

  • Blender Philips HR 2223 (Series 5000)
  • Magic chopper Mitochiba CH-200
Daftar Isi

Motor/mesin

Motor blender Philips dilapisi plastik yang didominasi warna putih di bagian luar, sementara sebagian besar motor Mitochiba dilapisi stainless steel berwarna silver.

Perbedaan lain yang mencolok adalah posisi peletakkan motor. Untuk blender Philips, posisi di bagian bawah, yang merupakan ciri khas blender-blender konvensional, dengan wadah blender, mill, atau chopper di atasnya. Untuk chopper Mitochiba, posisi motor diletakkan di atas wadah.

Lalu, untuk kecepatan yang tersedia. Pada blender Philips, ada 5 kecepatan + 1 pulse yang dapat dipilih. Sementara pada Mitochiba, hanya ada 2 kecepatan yang dapat dipilih – di mana fitur variasi kecepatan sudah merupakan pengembangan dari versi sebelumnya (sebelumnya hanya ada 1 kecepatan).

Kedua blender dapat digunakan untuk menghancurkan es batu. Hanya saja pada chopper Mitochiba, es batu harus dicampur dengan sayur atau buah lain – kelebihannya karena kita tidak perlu menambahkan cairan saat membuat smoothies atau jus. Pada Philips HR-2223, kita dapat menghaluskan sekitar 10 es batu.

 

Untuk mematikan mesin pada mesin Philips, cukup tekan tombol 0. Sementara pada mesin Mitochiba, cukup lepaskan tekanan di bagian atas blender. Saat menyalakan kedua alat dapur ini, biasakan untuk tidak menyalakan mesin atau motor terlalu lama supaya mesin tidak terlalu panas dan lebih awet.

Untuk panjang kabel, kabel pada Mitochiba CH 200 ini juara banget:1,5 meter. Kabel Philips HR 2223 ini ‘cuma’ 80 cm. Selain itu, posisi  motor yang diletakkan di atas wadah, membuat posisi chopper Mitochiba sedikit dekat ke saklar listrik (dibandingkan dengan motor blender yang diletakkan di bagian bawah).

Lanjut penyimpanan kabel, juaranya adalah motor Philips karena kita dapat menyimpan kabel di bagian bawah motor saat tidak digunakan. Fitur ‘rahasia’ di bawah motor ini sudah ada sejak lama, tapi banyak pengguna yang tidak sadar :).

Motor blender Philips HR 2223 memiliki berat 1,5 kg dan membutuhkan daya 350 watt ketika menyala – lebih rendah dibanding versi-versi blender Philips sebelumnya. Namun, jika dibandingkan dengan chopper Mitochiba CH-200 dengan daya 300 watt, blender Philips masih lebih boros listrik. 

Oh ya, motor Mitochiba ini cukup ringan, hanya 1,1 kg. Berat yang wajar, karena posisinya yang dipasang di atas wadah. Apabila terlalu berat, bisa-bisa beban yang diterima goblet (khususnya goblet kecil berkapasitas 0,7 liter) jadi berlebih dan menyebabkan goblet tidak stabil.

Rangkuman:

  Philips HR 2223 Mitochiba CH 200
Lokasi Di atas wadah Di atas wadah (goblet)
Kecepatan Ada 5 kecepatan Ada 2 kecepatan
Pulse Ada Tidak ada
Es batu Bisa Bisa, dengan campuran bahan lain
Kabel 80 cm
150 cm
Penyimpanan kabel Dililitkan di bawah mesin Tidak ada tempat khusus
Berat 1,5 kg 1,1 kg
Daya listrik 350 watt 300 watt

Wadah Utama

Untuk kedua seri blender yang dibandingkan, semua wadah atau gelas terbuat dari plastik. Khusus pada chopper Mitochiba, wadahnya disebut sebagai goblet.  

Kapasitas blender Philips relatif lebih kecil, hanya 1,5 liter – sementara goblet Mitochiba mampu memproses makanan sebanyak 2 liter. Pada kedua wadah utama, ada penunjuk batas maksimal isi, sehingga kita tidak perlu menggunakan gelas ukur tambahan.

Sesuai dengan kapasitasnya yang lebih besar, goblet Mitochiba lebih berat sekitar 100 gram jika dibandingkan wadah utama blender Philips, yaitu seberat 630 gram.

Untuk bahan makanan yang dapat diproses pada wadah utama blender Philips terbatas pada sayur-sayuran, buah-buahan, dengan menambahkan cairan secukupnya sehingga bahan makanan dapat dilumatkan dengan baik.

Pada chopper Mitochiba, selain sayur, buah, dan air, kita dapat juga memasukkan aneka daging (sapi, kambing, ikan, ayam, udang, dll) ke dalam wadah utama saat ingin mencacah. Ketik mencacah atau mencincang daging, jangan lupa untuk memasang mata pisau tambahan supaya prosesnya lebih cepat.

Untuk mengolah daging jangan ‘tertipu’ dengan kapasitas wadah yang besar, kita hanya bisa mengolah sekitar 500 gram daging (dipotong kotak-kotak dan sudah dipisahkan dari tulang). Jika memasukkan terlalu banyak, mesin akan lebih cepat panas.

Mata pisau yang dapat digunakan pada blender Philips hanya ada 1 pilihan dengan 4 mata pisau. Sementara pada chopper Mitochiba, kita dapat menentukan jumlah mata pisau yang digunakan, maksimal 3 pasang mata pisau (seperti foto di atas).

Untuk melumatkan sayur dan buah, cukup menggunakan 1 buah mata pisau S-blade. Untuk mencincang daging, sebaiknya menggunakan triple S-blade supaya hasil lebih halus dan proses lebih cepat.

Setelah proses blender selesai, untuk kedua merk ini, kita bisa menuang ke wadah lain dengan mudah karena ada corong lancip di bagian ujung wadah.

  • Philips HR 2223: tutup warna hijau (atau lavender – tergantung warna yang dimiliki) perlu dibuka terlebih dahulu karena tutupnya rapat, tidak ada rongga.
  • Mitochiba CH 200: angkat mesin, lalu buka tutup kecil seperti foto di atas, baru tuang hasil blender ke wadah lain.

Pada bagian tengah penutup blender Philips ada penutup plastik transparan (yang berfungsi juga sebagai gelas ukur kecil) yang dapat dibuka untuk menambahkan bahan makanan berukuran kecil saat blender sedang berjalan.

Pada penutup blender Mitochiba ada lubang kecil yang terkoneksi dengan motor di atasnya. Tentunya jika ingin menambahkan bahan kita perlu mematikan mesin, mengangkat motor, membuka tutup, baru memasukkan bahan tambahan.

Setelah wadah dipasang di atas mesin (blender Philips) dan sebaliknya (chopper Mitochiba), tampak jika blender Philips lebih tinggi, sementara diameter chopper Mitochiba sedikit lebih besar.

Rangkuman:

 Philips HR2223Mitochiba CH 200
MaterialPlastikPlastik
Kapasitas1,5 liter (maksimal)2 liter (maksimal)
Bahan makananSayur (selada, caisim)
Buah (pisang, stroberi, kiwi, apel)
Cairan (susu, air)
Sayur (selada, caisim)
Buah (pisang, stroberi, kiwi, apel)
Cairan (susu, air)

Daging (sapi, ayam, ikan, udang, dll)

Mata pisau4 mata pisau pada dasarHingga 3 pasang mata pisau berbentuk S-blade
PenutupPlastik tanpa rongga, sehingga perlu dibuka saat menuangkan hasilPlastik dengan rongga, sehingga tidak perlu dibuka saat menuangkan hasil
Gelas ukur kecilAda, hingga 50 ml, dengan penunjuk kelipatan 10 mlTidak ada
SpatulaAdaTidak ada
Berat500 gram630 gram

Mill

Untuk menghaluskan bumbu kering dan bumbu basah, yang biasanya jumlahnya tidak terlalu banyak, kita kerap menggunakan miller atau penghalus yang ada didapat saat membeli set blender, termasuk blender Philips HR 2223.

Khusus untuk magic chopper Mitochiba, tidak ada alat khusus untuk menghaluskan bumbu kering dan basah. Solusinya dengan menggunakan globe kecil berkapasitas 0,7 liter sebagai ‘mill’ dan hanya memasang 1 buah mata pisau S-blade.

Rangkuman: 

 

Philips HR2223

Mitochiba CH 200

Wadah khusus

Ada

Tidak ada, bisa menggunakan goblet kecil dengan kapasitas 0,7 liter

Mata pisau khusus

Ada

Tidak ada, bisa menggunakan sepasang mata pisau S-blade untuk goblet kecil

Handler

Tidak ada

Tidak ada

Chopper

Nama resmi Mitochiba CH 200 adalah magic chopper. Sesuai dengan namanya, kedua goblet yang ada, baik kapasitas besar maupun kecil, merupakan chopper. Dari mata pisau yang diperoleh juga semuanya berbentuk S-blade, jenis mata pisau yang selalu dipakai sebagai pisau chopper.

Untuk goblet besar, maksimal daging yang dapat diproses adalah 500 gram. Harap tidak memasukkan daging dalam jumlah banyak karena melihat masih ada ruang kosong pada goblet. Satu-dua kali mungkin tidak masalah, tapi jika keterusan bisa-bisa motor jadi kurang tahan lama.

Berhubung ‘magic’, selain sebagai chopper, goblet dapat difungsikan juga sebagai blender dengan penyesuaian jumlah pisau S-blade yang dipakai. Goblet besar sebagai wadah blender dan goblet kecil sebagai wadah mill.

Sementara untuk Philips, tujuan utama alat adalah blender atau pelumat. Namun, di dalamnya ada aksesoris tambahan berupa chopper berukuran kecil. Dapat dipakai untuk mencacah daging sekitar 100-200 gram dalam 1x proses.

Silakan liat foto di bawah ini untuk mengetahui perbedaan fisik pisau S-blade pada chopper Philips vs Mitochiba. Khusus untuk Mitochiba, plastik pelindung pada mata pisau dalam kondisi terpasang.

Jika mempunyai tempat penyimpanan mata pisau yang aman, plastik pelindung dapat dibuang.

Rangkuman:

 

Philips HR2223

Mitochiba CH 200

Jumlah

Kapasitas

Kecil (100-150 gram daging)

2 liter (500 gram daging)

0,7 liter (150-200 gram daging)

Mata pisau

1 pasang S-blade

Triple S-blade, dan

Double S-blade

Material

Plastik

Plastik

Pegangan (handler)

Ada

Goblet 2 liter: ada
Goblet 0,7 liter: tidak ada

Mata Pisau

Pada blender Philips HR 2223 yang dilengkapi dengan chopper, kita mendapat 3 jenis mata pisau untuk 3 jenis wadah:

  • Mata pisau utama, terdiri dari 4 mata pisau
  • Mata pisau mill, terdiri dari 2 mata pisau
  • Mata pisau chopper, terdiri dari sepasang mata pisau berbentuk S-blade

 

Pada chopper Mitochiba CH 200, yang terdiri dari 2 buah goblet (berkapasitas 2 liter dan 0,7 liter), berikut mata pisau yang ada:

  • Triple S-blade: total hingga 6 mata pisau untuk goblet 2 liter. Mata pisau dapat dilepas per pasang.
  • Double S-blade: total hingga 4 mata pisau untuk goblet 0,7 liter. Mata pisau dapat dilepas per pasang.

 

Meski semua mata pisau pada chopper Mitochiba CH-200 berbentuk S-blade, kita tidak dapat menukar antara mata pisau untuk ada besar dan kecil karena ada perbedaan desain.

Rangkuman: 

 

Philips HR2223

Mitochiba CH 200

Jumlah 

3 set

2 set

Jenis

Mata pisau utama

Mata pisau mill

Mata pisau chopper

Triple S-blade

Double S-blade

Lain-lain

Setelah membahas motor, wadah, mill, chopper, dan mata pisau, kini tiba saatnya kita membandingkan harga! Saat ini (November 2021) harga blender Philips HR 2223 adalah Rp 810.000 dan harga chopper Mitochiba CH 200 adalah Rp 600.000

Garansi blender Philips adalah 2 tahun, sementara chopper Mitochiba 1 tahun.

Rangkuman:

 Philips HR2223Mitochiba CH 200
HargaRp 810.000Rp 600.000
Garansi2 tahun1 tahun
Pilihan warna

Lavender

Hijau

Hitam

Note: harga jual dapat berbeda antar toko.

Kesimpulan

Dalam menentukan pilihan, sebaiknya mempertimbangkan tujuan utama pembelian alat dapur. Jika lebih banyak untuk membuat jus dan smoothies, sebaiknya membeli blender Philips HR 2223 yang memang fungsinya utamanya sebagai pelumat. Jika dananya terbatas, bisa membeli Philips HR 2221 (hanya wadah utama & mill).

Namun, jika teman-teman banyak mengolah daging-dagingan di rumah, seperti untuk buat daging giling, bakso sapi, pempek, dll, sebaiknya membeli magic chopper Mitochiba CH 200. Proses memotong, mencincang, dan mencacah lebih cepat dan hasilnya juga lebih baik karena dilengkapi dengan mata pisau triple & double S-blade pada masing-masing goblet.

Untuk melihat lebih jelas review kedua alat dapur ini, silakan klik link di atas.

Semoga membantu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

    All rights reserved. AturRumah © 2021