Mengolah Singkong dengan Food Processor Philips HR7310

Daftar Isi

Singkong merupakan bahan pangan yang kaya akan karbohidrat. Namun, hal itu tidak menghentikan orang Indonesia untuk berkreasi menjadikan berbagai cemilan dari singkong. Apalagi singkong ini harganya murah meriah dan gampang ditemui.

Untuk itu, kali ini kita mencoba 2 fitur yang ada di food processor Philips HR 7310 untuk mengolah singkong, biar siap kita olah lebih lanjut menjadi aneka cemilan yang menggoyang lidah.

Ada 2 fitur yang akan kita coba, yaitu irisan dan parutan. Ketika menggunakan 2 menu ini, gunakan kecepatan (speed) nomor 1 (terendah).

Jangan khawatir, meskipun speed paling kecil, prosesnya tetap cepat.

Daftar Isi

Fitur Mengiris (Memotong)

Mengupas singkong itu gampang, tapi lain cerita dengan mengiris singkong. Apalagi kalau kita mau bikin keripik singkong. Kalau potongan singkong terlalu tebal sedikit aja, maka singkongnya tidak bisa garing ketika digoreng. Hilang sudah impian untuk makan keripik singkong nan renyah.

Kalau kita pakai alat iris tradisional juga lumayan melelahkan karena harus dilakukan secara terus-menerus dalam jumlah banyak. Nggak mungkin banget kita cuma bikin keripik singkong ½ kg kan? Bisa-bisa baru selesai goreng udah langsung habis.

Langsung kita lihat proses dan hasilnya di bawah ini:

HASIL: Cepat, praktis, dan presisi. Fitur ini tepat sekali untuk teman-teman yang mau bikin keripik singkong.

 

Note untuk membuat keripik:

  • Jika singkong yang dipakai sudah tua, sebaiknya potongan singkong direndam sekitar air 1-2 jam (boleh lebih) sebelum digoreng. Lalu, tiriskan singkong dengan baik agar minyak tidak memercik saat menggoreng.
  • Teman-teman bisa mencampurkan garam di air rendaman supaya singkong terasa gurih. Setelah keripik matang, kita tidak perlu menaburkan garam lagi (biasanya suka tidak rata).

Fitur Parutan

Beberapa olahan panganan dari singkong, seperti ongol-ongol, timus/lemet, lapis singkong, getuk pelangi, misro, dll, menggunakan singkong yang sudah diparut. Namun, karena teksturnya yang keras, memarut singkong ini kadang jadi pekerjaan yang melelahkan (malah kerap bikin kita malas bebikinan).

Berikut proses memarut singkong & hasilnya:

HASIL: Hasil parutan singkong rapi dan bersih (nggak bercampur dengan keringat kita). Sudah siap untuk segera diolah jadi berbagai cemilan/jajanan pasar khas Indonesia. 

Dari belasan fitur yang ada di food processor Philips HR 7310, ada 2 yang cocok untuk mengolah singkong: irisan dan parutan. Kedua fitur ini bekerja dengan baik dan sempurna. 

Untuk artikel selanjutnya, teman-teman ada ide nggak sayur atau buah apa yang perlu aku coba? Dan, pakai fitur yang mana aja? 

All rights reserved. AturRumah © 2021